Menu
kabar terbaru hari ini

Pemkab Jayapura imbau warga tak khawatir naiknya beras premium

  • Share
Pemkab Jayapura imbau warga tak khawatir naiknya beras premium

Sentani – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, mengimbau warga daerah setempat tak khawatir dengan kenaikan nilai beras premium sebesar  Rp1000 per kilogram pada pasaran.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura Suliyono dihubungi dari Jayapura, Minggu mengatakan berdasarkan pemantauan di area tempat lapangan khusus nilai tukar beras premium ada kenaikan Rp1000/kg.

“Kenaikan ini terhitung 18 September kemarin, namun setelah kita melihat mundur sejak  tanggal 1 Januari tahun ini hingga tanggal yang mana yang disebut saya sebutkan nyaris stagnan dengan nilai tukar Rp16 ribu per kilogram untuk beras stagnan,” katanya.

Menurut Suliyono, ada perbedaan tarif Rp1000 antara beras premium lalu yang dimaksud mana biasa per kilogramnya.

“Data ini kami ambil dalam Kota Sentani dikarenakan barometer yang dimaksud pemerintah pakai pada kabupaten ini adalah ibu kota daerah seperti Pasar Phaara kemudian distributor,” ujarnya.

Suliyono menjelaskan khusus untuk distributor beras pada daerah ini pasti di dalam dalam bawah tarif pasaran Rp16 ribu per kilogramnya.

“Masyarakat masih dapat menikmati beras lain dengan tarif dalam dalam bawah atau dapat mengkonsumsi makanan lokal seperti sagu lalu ubi-ubian yang dimaksud dimaksud mempunyai kandungan gizi serupa baik atau bahkan lebih besar lanjut dari beras,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya akan mengontrol nilai tukar beras serta substansi pokok dengan operasi pasar beberapa waktu ke depan.

“Kami juga baru meluncurkan cadangan beras pemerintah kepada warga, semoga ini akan menekan indeks perubahan nilai tukar khususnya beras premium,” ujarnya.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *