Menu
kabar terbaru hari ini

Keyakinan Pelaku Usaha ke Ekonomi RI Melambat pada September 2023

  • Share
Keyakinan Pelaku Usaha ke Ekonomi RI Melambat pada September 2023

Kementerian Perindustrian () mencatat indeks kepercayaan industri () pada September 2023 pada bilangan 52,51 alias melambat 0,71 poin dibandingkan bulan sebelumnya.

IKI merupakan indeks yang digunakan dirilis Kementerian Perindustrian sejak November 2022. Indeks ini menggambarkan optimisme pelaku perniagaan terhadap kondisi perekonomian

“Melambat 0,71 poin dibandingkan dengan IKI Agustus 2023 yang mencapai 53,22,” kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif dalam Konferensi Pers IKI September 2023 pada kantornya pada bilangan Jakarta Selatan, Jumat (29/9).

Ia menyebut persentase pelaku bisnis yang tersebut mana menyatakan kondisi usahanya meningkat ada 32,7 persen alias turun tipis dari 32,8 persen pada Agustus 2023. Meski begitu, Febri mengklaim kepercayaan industri masih sangat baik.

Lalu, pelaku industri yang digunakan mana melaporkan ke Kemenperin bahwa industrinya masih stabil ada 44,8 persen di dalam dalam bulan ini. Sementara itu, pelaku bisnis yang mana kondisinya merosot ada 22,5 persen atau turun dari 24,3 persen dalam Agustus 2023.

“Memang IKI turun 3 bulan berturut-turut, tapi masih pada level dalam tempat atas 50 atau ekspansi. Jadi kita tiada usah khawatir. Sejauh ini industri manufaktur Indonesia masih bergerak cepat dibandingkan negara-negara lain,” tuturnya.

“Kenapa turun? Itu memang kami melihat disebabkan pasar global, beberapa biaya komoditas turun, crude palm oil (CPO), nikel, logam mulia juga, pangan. Penurunan itu menyebabkan order atau permintaan dari beberapa subsektor turun,” sambung Febri.

Febri merinci beberapa subsektor yang mana masih kontraksi di dalam area bulan ini, antara lain tekstil; pakaian jadi; kayu, barang dari kayu, kemudian gabus; industri pengolahan lainnya; serta industri barang galian bukan logam.

Sedangkan subsektor yang digunakan dimaksud masih ekspansi sangat tinggi pada area September 2023 ini adalah kendaraan motor trailer, alat angkut lainnya, lalu industri unsur makanan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *