Menu
kabar terbaru hari ini

Kemendag Bantah Larangan TikTok Shop Dorongan dari Shopee Cs

  • Share
Kemendag Bantah Larangan TikTok Shop Dorongan dari Shopee Cs

Kementerian Perdagangan () membantah larangan  seperti TikTok Shop bertransaksi jual-beli didorong oleh kepentingan e-commerce seperti Shopee.

Larangan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, Dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan e-commerce juga harus mematuhi Permendag Nomor 31 Tahun 2023, khususnya larangan jualan barang impor pada bawah US$100 dolar atau Rp1,5 jt untuk komoditas cross broder.

“Enggak juga (didorong e-commerce). Loh, Shopee kan terkena juga dengan aturan marketplace dengan aturan minimal US$100,” katanya di area tempat Pusat Grosir Asemka, Jakarta Barat, Jumat (29/9).

Isy menambahkan Permendag 31 Tahun 2023 tak ada khusus mengatur satu platform.

“Ini mengatur bukan untuk salah satu jaringan tapi untuk semuanya,” imbuhnya.

Pemerintah menegaskan social commerce cuma semata mampu untuk promosi. Apabila ada aplikasi media sosial yang digunakan mana ingin berjualan juga juga bertransaksi harus menghasilkan aplikasi e-commerce terpisah sesuai ketentuan. Hal ini agar data dari aplikasi medsos tidak ada ada disalahkan untuk kepentingan pihak tertentu.

Artinya, layanan TikTok Shop tiada mampu beroperasi untuk bertransaksi selama pengelola tidaklah mempunyai entitas e-commerce terpisah.

Aturan ini diterbitkan lantaran fenomena TikTok Shop tengah meresahkan usaha mikro, kecil, kemudian menengah (UMKM) dalam Indonesia. oleh sebab itu barang jualan pedagang asli Indonesia di area tempat toko offline maupun marketplace lainnya kalah saing dengan hasil Tiktok Shop yang digunakan digunakan sangat murah.

Bahkan, barang yang digunakan mana dijual penjual pada dalam TikTok Shop dituding hasil perdagangan lintas batas alias cross border. Jika benar, banjir barang impor hal itu berarti langsung ditawarkan kepada pembeli tanpa melalui proses importasi yang digunakan hal itu semestinya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *