Menu
kabar terbaru hari ini

Jerit Pedagang Tanah Abang hingga TikTok Shop Dilarang

  • Share
Jerit Pedagang Tanah Abang hingga TikTok Shop Dilarang

Pedagang menjadi saksi hidup dari gempuran social commerce seperti TikTok Shop pada dalam Indonesia.

Pantauan CNNIndonesia.com pada Selasa (12/9), kala itu para penjual nampak sepi pengunjung.

Soleh, salah satu penjual dalam pasar tersebut, mengaku omzetnya anjlok semenjak TikTok Shop mulai merajalela.

Ia menuturkan masih sanggup mengantongi puluhan jt per hari pada 2019 silam. Namun, sekarang ini dirinya bahkan mampu belaka mengantongi satu pembeli dalam sehari.

“Dulu sebelum TikTok ada, tokonya masih ada, Lazada, Shopee itu enggak ngaruh ke pasaran. Sekarang sudah ada TikTok hadir (jadi sepi),” aku Soleh.

Jeritan Soleh itu pun sampai ke telinga Menteri Koperasi kemudian UKM Teten Masduki.

Sepekan pasca Soleh menuturkan keluh kesahnya, Teten mengunjungi pasar tersebut.

Kunjungan di dalam dalam Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat pada Selasa (19/9) juga disambut berunjuk rasa para penjual pakaian.

Terpantau di dalam tempat lantai LG Pasar Tanah Abang, para penjual memasang selembar kardus bertuliskan ‘Tolong pak, TikTok ditutup pak’, ‘Tolong hapus TikTok Shop’, hingga ‘Kembalikan senyum pedagang’.

Anton, salah pribadi peniaga yang tersebut memasang kardus itu, mengaku sangat kerusakan gara-gara TikTok Shop. sebabnya biaya jual pada area sistem yang tersebut disebut jarak terpencil lebih tinggi lanjut bukan mahal melebihi dalam dalam pusat belanja serta juga Pasar Tanah Abang.

“Minta tolong ke pak menteri online shop TikTok berpengaruh banget buat penjual dalam sini,” ujar Anton.

Ia mengeluhkan omzetnya turun tajam saat ini. Biasanya ia bisa saja jadi mengantongi Rp20 jt per hari. Namun, sekarang mendapat Rp2 jt cuma sudah berat.

Jokowi kumpulkan menteri di area area Istana bahas TikTok Shop Cs

Bak gayung bersambut, Presiden Joko Widodo lantas menggelar rapat terbatas (ratas) untuk mengkaji polemik TikTok Shop yang membunuh UMKM pada Selasa (26/9).

Sejumlah menteri yang dimaksud mana dipanggil Jokowi, antara lain Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, lalu juga Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan ratas dengan Jokowi mendiskusikan perdagangan digital. Ia berkata tak hanya sekali sekadar TikTok Shop yang hal itu dibahas dalam rapat.

Anehnya, Wishnutama Kusubandio menghadiri ratas tersebut. Ini terungkap dari foto yang digunakan dimaksud dirilis Biro Pers Sekretariat Presiden kemudian juga diunggah pada situs presidenri.go.id.

Kehadiran mantan menteri pariwisata dan juga juga perekonomian kreatif itu dikonfirmasi oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Namun, ia tak paham Wishnutama datang sebagai apa.

“Ada (Wishnutama), ada. Saya tiada tahu sebagai apa, tetapi yang dimaksud digunakan jelas dia diundang,” ujar Bahlil.

Saat dihubungi, Wishnutama mengakui ia hadir pada rapat tersebut. Menurutnya ia hadir untuk dimintai masukan terkait perubahan fundamental digital secara umum.

“Mungkin dikarenakan latar belakang pekerjaan saya yang dimaksud dimaksud datang dari industri media digital, infrastruktur digital, perekonomian digital kemudian industri kreatif yang mana digunakan juga erat dengan digital,” kata Wishnutama melalui pesan ditulis kepada CNNIndonesia.com.

Zulhas resmi larang TikTok Shop Cs

Mendag Zulhas resmi meneken revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, serta Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

“Sudah saya teken kemarin, tinggal mau diundangkan dalam Kemenkum HAM. Saya kira minggu ini selesai,” katanya pada Semarang, Selasa (26/9).

Zulhas menegaskan perdagangan digital harus diatur. Ia mengatakan media sosial yang tersebut dimaksud ingin menjadi social commerce harus mempunyai izin bisnis sendiri.

Lalu, social commerce dilarang berjualan serta bertransaksi.

“Kalau dia jadi social commerce, harus izin usahanya sendiri. Social commerce seperti media TV. Dia boleh iklan, penawaran boleh, tapi tak boleh jadi toko,” tegasnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *