Menu
kabar terbaru hari ini

Hasil Pertemuan CEO TikTok dan Luhut usai TikTok Shop Dilarang

  • Share
Hasil Pertemuan CEO TikTok serta Luhut usai TikTok Shop Dilarang

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman lalu Investasi bertemu dengan CEO TikTok Shou Zi Chew usai social commerce seperti resmi dilarang pada Indonesia.

“Saya kira enggak ada hambatan (investasi TikTok usai pelarangan TikTok Shop). Kemarin TikTok ketemu CEO-nya (Shou Zi Chew) serupa saya, jadi merekan juga menerima (pelarangan TikTok Shop),” kata Luhut usai acara ulang tahunnya ke-76 di dalam dalam Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Kamis (28/9).

Luhut bukan menegaskan apakah kemarin yang digunakan digunakan dimaksud adalah Rabu (27/9) atau bukan. Namun, pertemuan terakhir Luhut dengan CEO TikTok Shou Zi Chew terjadi pada 15 Juni 2023 lalu.

Kala itu, keduanya bertemu dalam TikTok Southeast Asia Impact Forum yang mana dihelat dalam Jakarta. Luhut menyambut baik niat penyertaan modal TikTok pada dalam tanah air, asalkan tak merambah dunia politik.

Dikonfirmasi terpisah, Deputi Bidang Pariwisata kemudian Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo RM Manuhutu membenarkan pertemuan Luhut lalu Bos TikTok Shou Zi Chew baru-baru ini. Namun, ia tak merinci tanggal pasti kemudian juga lokasi pertemuan tersebut.

“Iya betul (pertemuan Menko Marves Luhut kemudian TikTok Shou Zi Chew usai pelarangan TikTok Shop),” katanya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (29/9).

“TikTok menyampaikan komitmen untuk mematuhi aturan Pemerintah Indonesia. Itu intinya,” tambah Odo mengenai isi pertemuan tersebut.

Terlepas dari kapan pertemuan tersebut, Luhut menegaskan Indonesia tak pernah melarang bidang perniagaan TikTok. Ia menekankan langkah pemerintah saat ini adalah memisahkan media sosial dengan perdagangan yang mana mana dijalani pada dalam TikTok Shop.

Pelarangan social commerce seperti TikTok Shop Cs tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, juga Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang dimaksud digunakan resmi diundangkan pada 26 September 2023.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *